Akurza

    Akurza merupakan obat topikal yang sering digunakan untuk mengatasi psoriasis dan kondisi kulit kering serta bersisik lainnya. Ini termasuk dalam kelompok salisilat, serupa dengan aspirin, dan tidak disarankan untuk anak di bawah 2 tahun.

    Golongan obat: Salisilat

    Merek dagang: Akurza

    Apa itu Akurza?

    Akurza adalah krim dan lotion untuk perawatan psoriasis, pengelupasan kulit mati pada kutil, serta mengatasi kulit kering dan bersisik pada tangan dan kaki. Obat ini berfungsi menghilangkan lapisan atas kulit yang keras atau mati dan sebaiknya tidak digunakan pada anak berusia di bawah dua tahun. Gunakan Akurza sesuai kebutuhan atau resep dokter.

    Dosis Akurza

    Dosis Akurza diresepkan oleh dokter tergantung pada kondisi yang ditangani. Krim Akurza digunakan sekali sehari pada malam hari bagi psoriasis, sedangkan untuk kutil dan dermatitis diaplikasikan secukupnya. Lotion digunakan 1—3 kali sehari untuk jerawat dan 1—2 kali sehari untuk kondisi kulit kepala seperti ketombe.

    Pada Anak: Untuk kutil pada anak di atas 2 tahun, gunakan sesuai kebutuhan. Lotion Akurza dapat digunakan 1—2 kali sehari untuk kondisi kulit kepala. Produk Akurza tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia dua tahun.

    Aturan Pakai Akurza

    Hindari menelan salisilat dalam Akurza, jangan biarkan bersentuhan dengan mata, hidung, atau mulut. Jika terjadi kontak, bilas dengan air selama 15 menit. Aplikasikan pada area yang bersih dan kering tanpa menggosok dan jangan gunakan pada kulit yang luka, terinfeksi, atau iritasi. Mulailah dengan aplikasi yang jarang untuk menghindari iritasi kemudian tingkatkan frekuensinya sesuai toleransi kulit.

    Efek Samping Akurza

    Efek samping Akurza bisa meliputi iritasi kulit dan sensasi pedas di tempat pengaplikasian. Gejala serius yang memerlukan perhatian medis segera termasuk kebingungan, pusing, kelelahan ekstrem, sakit kepala, nafas cepat, kuping berdenging, kehilangan pendengaran, mual, muntah, dan diare.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Akurza

    Sebelum menggunakan Akurza, pastikan Anda berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda hamil atau menyusui, sedang mengonsumsi obat lain, memiliki alergi, atau memiliki masalah kesehatan tertentu seperti gangguan fungsi hati atau ginjal, infeksi kulit, iritasi kulit, diabetes, atau sirkulasi darah yang kurang baik.

    Efek Akurza untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Akurza masuk dalam kategori risiko kehamilan C oleh FDA, yang artinya risikonya belum sepenuhnya diketahui. Meski demikian, konsultasi dengan dokter sangat diperlukan sebelum penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui.

    Interaksi Akurza dengan Obat Lain

    Akurza dapat bereaksi dengan berbagai obat lain, seperti antikoagulan, methotrexate, produk yang mengandung aspirin atau salisilat lainnya, serta water pills (diuretics). Adalah penting untuk memberitahu dokter dan apoteker Anda tentang obat apa saja yang Anda konsumsi untuk menghindari interaksi yang berbahaya.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait