Albendazole

    Albendazole adalah obat antihelmintik yang kerap diresepkan dokter untuk menumpas penyakit infeksi di usus atau cacing yang bersarang di area lain seperti hati atau otak. Penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter.

    Golongan obat: Antihelmintik

    Merk dagang: Albendazole, Vermic, Zolkaf, Zentel

    Apa Itu Albendazole?

    Albendazole adalah agen antiparasit yang efektif melawan beragam jenis cacing, termasuk cacing pita, cacing gelang, dan cacing pipih. Obat ini beraksi dengan mengganggu asupan gula yang vital bagi kelangsungan hidup cacing, sehingga menyebabkan kematian parasit tersebut.

    Dosis Albendazole

    Dosis albendazole akan disesuaikan oleh dokter tergantung kondisi dan berat badan pasien, serta jenis infeksi cacing yang dihadapi. Dosis lazimnya beragam, mulai dari penggunaan tunggal 400 mg untuk ascariasis hingga 400 mg dua kali sehari di beberapa kasus lainnya seperti sistiserkosis atau echinococcosis. Selalu ikuti pedoman dosis yang dianjurkan oleh dokter.

    Aturan Pakai Albendazole

    dengan Benar Mengonsumsi albendazole harus sesuai dengan petunjuk dokter. Tidak boleh menambah atau mengurangi dosis secara sembarangan dan harus menyelesaikan durasi pengobatan yang direkomendasikan. Konsumsi obat ini pada saat perut kosong untuk infeksi cacing usus, sedangkan untuk cacing di luar usus, sebaiknya dengan makanan berlemak. Jika mengalami kesulitan menelan, albendazole dapat dihancurkan atau dikunyah.

    Efek Samping dan Bahaya Albendazole

    Albendazole mungkin menimbulkan efek samping seperti mual, muntah hingga sakit kepala. Efek samping yang lebih serius memerlukan perhatian medis segera, termasuk reaksi alergi obat, masalah penglihatan hingga gejala penyakit kuning. Apabila muncul reaksi tidak diinginkan setelah mengonsumsi albendazole, konsultasikan dengan dokter.

    Peringatan Sebelum Mengonsumsi Albendazole:

    Sebelum mengonsumsi albendazole, beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi, masalah hati, atau sedang hamil. Hindari minuman beralkohol dan sesuaikan penggunaan obat lain untuk menghindari interaksi obat. Ikuti kontrol medis yang direkomendasikan, khususnya tes fungsi hati selama pengobatan albendazole.

    Efek Albendazole untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Albendazole berada dalam Kategori D yang berarti ada risiko terhadap janin namun bisa digunakan jika manfaatnya melebihi risiko, contohnya dalam kondisi mengancam nyawa. Albendazole dapat terdeteksi dalam ASI tetapi dianggap tidak membahayakan jika dikonsumsi sesuai dosis yang direkomendasikan. Konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan yang tepat.

    Interaksi Albendazole dengan Obat Lain

    Albendazole dapat berinteraksi dan mempengaruhi efektivitas bila dikombinasikan dengan obat-obat tertentu seperti praziquantel, carbamazepine, atau produk grapefruit, yang mungkin mengakibatkan peningkatan efek samping atau penurunan khasiat obat. Bagikan daftar obat yang sedang dikonsumsi kepada dokter untuk mendapatkan nasihat yang tepat saat berobat.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait