Ciprofloxacin

    Ciprofloxacin merupakan antibiotik yang sering diresepkan untuk mengobati beragam penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Beberapa penyakit tersebut meliputi pneumonia, gonore, infeksi saluran kemih, infeksi prostat, serta infeksi pada mata dan telinga. Antibiotik ini juga diindikasikan untuk pengobatan antraks dan pes.

    Golongan obat: antibiotik quinolone Merek dagang: Baquinor, Bimaflox, Civell MR, Ciproxin XR, Ciprobiotic, Ciprofloxacin Hydrochloride, Ciprofloxacin Lactate, Etaflox, Floxigra, Girabloc, Licoprox, Samquinor, Wiaflox, Simflox, Zeniflox

    Apa Itu Ciprofloxacin?

    Ciprofloxacin adalah obat yang termasuk ke dalam kelas antibiotik quinolone dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dengan cara menekan aktivitas enzim topoisomerase IV dan DNA gyrase yang penting bagi replikasi bakteri. Dengan demikian, ciprofloxacin efektif dalam membunuh bakteri dan memberantas infeksi serta gejalanya. Antibiotik ini diproduksi dalam bentuk tablet, cairan untuk suntikan atau infus, tetes mata, dan tetes telinga. Namun, ciprofloxacin tidak digunakan untuk mengatasi infeksi viral seperti flu dan harus dipakai sesuai resep dokter.

    Dosis Ciprofloxacin

    Dosis ciprofloxacin yang dianjurkan berbeda-beda tergantung pada bentuk sediaan obat, kondisi pasien, serta tanggapan tubuh pasien terhadap terapi. Pada anak, dosis ciprofloxacin akan disesuaikan berdasarkan berat badan pasien. Berikut adalah contoh penggunaan ciprofloxacin untuk berbagai kondisi dengan dosis yang sesuai:

    • Kondisi: Anthraks
      • Dewasa: 500 mg, 2 kali sehari, hingga 60 hari.
      • Anak-anak: 10-15 mg/kgBB, 2 kali sehari. Dosis maksimal 500 mg per admin

    Aturan Pakai Ciprofloxacin

    Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan ciprofloxacin dari dokter dan juga instruksi pada kemasan dengan hati-hati. Hindari mengubah dosis atau menghentikan pengobatan tanpa konsultasi terlebih dahulu. Ciprofloxacin sebaiknya diminum saat makan untuk menekan risiko iritasi lambung. Telan tablet secara utuh tanpa mengunyah atau menghancurkannya. Minumlah banyak air saat menggunakan ciprofloxacin untuk menjaga fungsi ginjal.

    Efek Samping Ciprofloxacin

    Mengkonsumsi ciprofloxacin bisa mengakibatkan efek samping, antara lain:

    • Nyeri perut
    • Mual atau muntah
    • Diare
    • Pusing atau sakit kepala
    • Gangguan tidur
    • Keputihan atau gatal di area kewanitaan

    Jika efek samping tidak membaik atau semakin bertambah parah, segera hubungi dokter. Berhenti minum obat dan cari perawatan medis segera bila terjadi reaksi alergi atau efek samping serius.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Ciprofloxacin

    Sebelum memulai pengobatan dengan ciprofloxacin, penting untuk diingat beberapa peringatan berikut:

    • Informasikan kepada dokter mengenai alergi yang Anda miliki.
    • Beritahu dokter tentang riwayat penyakit, khususnya yang berkait dengan gula darah, tulang, hati, ginjal, dan kejang.

    Efek Ciprofloxacin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Ciprofloxacin ditempatkan dalam Kategori C untuk ibu hamil, yang berarti harus digunakan dengan hati-hati setelah menimbang risiko dan manfaatnya. Obat ini juga dapat masuk ke ASI, sehingga wanita menyusui tidak dianjurkan untuk menggunakannya tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu.

    Interaksi Ciprofloxacin dengan Obat Lain

    Penting untuk mengetahui kemungkinan interaksi ciprofloxacin saat dikombinasikan dengan obat lain, yang dapat termasuk:

    • Risiko kejang meningkat dengan teofilin
    • Risiko hipotensi bertambah jika bersamaan dengan tizanidine
    • Ada potensi interaksi yang meningkatkan komplikasi jika digunakan dengan obat antiinflamasi nonsteroid, antidepresan trisiklik, atau obat kortikosteroid

    Selalu berikan informasi lengkap tentang obat yang Anda minum kepada dokter untuk menghindari interaksi negatif.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait