Calamine

    Calamine merupakan obat yang memberikan efek penenangan pada rasa gatal dan sakit yang disebabkan oleh iritasi ringan pada permukaan kulit. Tersedia dalam varian lotion dan bedak.

    Golongan obat: Antipruritik Merek dagang: Bedak Kocok Calaben, Caladine, Caladine Powder Adult, Caladine Extra Cool, Calamom Lotion, Confortin, Nimalac

    Apa Itu Calamine?

    Calamine mengandung zinc oksida dan besi oksida sebagai bahan aktif. Obat ini membantu meredakan irama gatal dan ketidaknyamanan pada kulit dengan menghasilkan efek dingin, sebagaimana pada kondisi alergi kulit. Calamine juga efektif untuk mengeringkan area kulit yang lembab atau bernanah akibat gangguan ringan pada kulit. Penggunaan calamine bisa sebagai pertolongan pertama dalam kasus gatal, termasuk pada kondisi seperti biduran anak, gigitan serangga, cacar air, dermatitis kontak, biang keringat, herpes zoster, dan kudis.

    Dosis Calamine

    Pada kasus iritasi kulit yang menyebabkan gatal dan nyeri, oleskan calamine secukupnya pada area yang terkena, frekuensi pemakaian bisa 1 sampai 4 kali sehari. Disarankan untuk mengaplikasikan kembali calamine setelah mandi untuk hasil yang optimal.

    Cara Menggunakan Calamine dengan Benar

    Pastikan untuk mengikuti panduan dokter dan membaca petunjuk pada kemasan ketika hendak menggunakan calamine. Sebelum mengaplikasikan lotion, kocok dahulu botolnya. Tuang lotion pada kapas atau kain halus, kemudian usapkan pada area kulit yang teriritasi. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah pemakaian. Pertahankan jarak calamine dengan mata, mulut, hidung, serta area genital dan cuci dengan bersih apabila terjadi kontak. Hentikan penggunaan calamine jika gejala telah membaik, namun konsultasikan dengan dokter apabila gejala tak kunjung membaik setelah 7 hari atau bila kambuh. Simpan calamine di lokasi yang sejuk dan kering, jauhkan dari paparan langsung matahari dan hindari jangkauan anak-anak.

    Efek Samping dan Bahaya Calamine

    Penggunaan calamine umumnya aman sesuai petunjuk dosis, namun hentikan pemakaian dan segera konsultasikan dengan dokter bila terjadi reaksi alergi atau tanda-tanda infeksi pada kulit, termasuk kemerahan, ruam, atau kulit yang bernanah.

    Peringatan Sebelum Menggunakan Calamine

    Perhatikan poin-poin penting ini sebelum memutuskan menggunakan calamine:

    • Hindari penggunaan bila Anda alergi terhadap komponen obat ini.
    • Jangan aplikasikan pada kulit yang memiliki luka terbuka.
    • Diskusikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum pemakaian pada anak di bawah 2 tahun.
    • Informasikan dokter tentang obat lain yang sedang dikonsumsi, termasuk herbal dan suplemen.
    • Bagi ibu hamil atau menyusui, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
    • Segera mencari bantuan medis apabila terjadi reaksi alergi atau jika obat tertelan tanpa sengaja.

    Efek Calamine untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Meskipun belum dikategorikan secara resmi, keamanan penggunaan calamine bagi ibu hamil atau menyusui belum dapat dipastikan sepenuhnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaannya bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui.

    Interaksi Calamine dengan Obat Lain

    Meskipun belum ada interaksi obat yang diketahui pasti dengan penggunaan calamine bersamaan dengan obat lain, ada kemungkinan calamine berinteraksi dengan obat atau bahan aktif tertentu. Dianjurkan untuk selalu memperbarui daftar obat yang dikonsumsi dan menyampaikannya ke dokter atau apoteker.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    -

    Artikel terkait