Cyclopenthiazide

    Golongan obat: Diuretik thiazide Merek dagang: Cyclopenthiazide

    Apa itu Cyclopenthiazide?

    Cyclopenthiazide merupakan obat diuretik dari golongan thiazide yang berfungsi meningkatkan produksi urin sehingga membantu mengeluarkan kelebihan garam dan air dari dalam tubuh. Ini mengakibatkan peningkatan frekuensi buang air kecil. Medicament ini biasanya diresepkan untuk menangani hipertensi dan mengurangi akumulasi cairan berlebih atau edema yang disebabkan oleh gagal jantung, penyakit hati, atau penyakit ginjal. Penggunaannya juga efektif untuk meredakan sesak napas dan pembengkakan di pergelangan kaki atau kaki.

    Dosis Cyclopenthiazide

    Cyclopenthiazide tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 0,5 mg. Untuk kondisi yang ringan, dosis yang direkomendasikan berkisar antara 0,25 mg sampai 0,5 mg, sedangkan untuk kondisi yang lebih parah dosisnya bisa mencapai 2 mg. Keamanan dan efektivitas cyclopenthiazide pada pasien anak belum terkonfirmasi secara pasti. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai pengobatan.

    Aturan Pakai Cyclopenthiazide

    Pastikan membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada panduan Pengobatan atau sesuai anjuran apoteker sebelum memulai pengobatan dengan cyclopenthiazide. Bila Anda memiliki pertanyaan atau keraguan, sebaiknya diskusikan dengan dokter atau apoteker untuk memastikan pemakaian yang tepat dan aman.

    Efek samping Cyclopenthiazide

    Walaupun efek samping dari cyclopenthiazide tidak selalu terjadi, mereka memerlukan perhatian medis jika muncul. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah:

    • Kebutuhan medis mendadak saat efek samping berkembang
    • Konsultasi dengan profesional kesehatan untuk tindakan yang sesuai

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Cyclopenthiazide

    Dalam menggunakan cyclopenthiazide, manfaat penggunaan harus selalu ditimbang dengan risiko yang mungkin muncul. Anda dan dokter Anda harus membuat keputusan bersama mengenai penggunaan obat ini. Sebelum memulai terapi, beritahu dokter Anda jika Anda mempunyai masalah kesehatan lain atau bila Anda hamil atau menyusui agar dapat ditentukan langkah yang tepat.

    Efek Cyclopenthiazide untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Informasi tentang keamanan penggunaan cyclopenthiazide selama kehamilan dan menyusui belum sepenuhnya diketahui. Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita yang hamil atau menyusui untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengambil obat ini.

    Interaksi Cyclopenthiazide dengan Obat Lain

    Cyclopenthiazide dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat lain yang mungkin mempengaruhi efektivitas atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Konsultasikan semua produk yang Anda gunakan kepada dokter atau apoteker, termasuk obat resep, nonresep, serta produk herbal untuk menghindari interaksi obat. Jangan mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait